Langsung ke konten utama

Decibel, Debut Perdana Cha Eun Woo di Industri Perfilman Korea

Review film Decibel
Poster film Decibel (Instagram/mindmark.movie)

Sebelumnya aku mau warning dulu kalau isi artikel ini mengandung sedikit spoiler karena aku masih belum bisa menulis review tanpa memberikan spoiler. Jadi, kalau kalian ingin mencari review film Decibel tanpa terganggu spoiler, silakan skip artikel ini ^^

Aku bukan penikmat film action sebenarnya. Tapi, karena ini debut perdana Cha Eun Woo di industri perfilman Korea, aku memutuskan untuk menontonnya. Oh, dan untuk pembelian combo deals di Cinepolis, kalian akan dapat 6 pcs photocard Lee Jong Suk dan Cha Eun Woo. Berhubung aku hanya penggemar biasa, jadi aku skip photocard-nya.

Selain Decibel, aku juga lagi menunggu drama Eun Woo berjudul Island yang akan tayang akhir Desember ini di Prime Video. Berhubung harus berlangganan, aku memutuskan untuk nabung episode dulu sampai dramanya selesai baru berlangganan wkwkwk. Maklum, gaji freelance content writer belum mencapai angka UMR xd. Yuk, kita lanjut ke review film Decibel!

Sinopsis Film Decibel

Film Decibel
Poster film Decibel (Instagram/mindmark.movie)

Berdurasi 110 menit, film bergenre action dan drama ini menceritakan tentang mantan letnan komandan Kang Do Young yang menderita PTSD atau stres pasca trauma akibat kecelakaan kapal selam di mana dia harus merelakan rekan-rekannya. Meski dipuja sebagai pahlawan nasional, dia merasa bersalah dan tersiksa karena tidak bisa menyelamatkan semua rekan-rekannya yang tenggelam.

Suatu hari, Do Young mendapat telepon misterius yang mengancam akan meledakkan stadion sepak bola dengan bahan peledak improvisasi yang dipicu oleh desibel tertentu. Tidak sampai di sana, teror masih berlanjut dan target selanjutnya adalah istri serta putri tunggal Do Young. Bisakah Do Young menyelamatkan keluarga dan mengungkap pelaku dibalik teror bom ini?

Pemeran Film Decibel

Di poster film Decibel hanya ada empat pemeran utama yang ditunjukkan, tapi aku lihat di IMDb, ada tujuh pemeran teratas. Setelah aku menonton filmnya, tiga pemeran ini memang punya andil cukup besar di sepanjang film. Yuk, kita kenalan! Jangan hanya tahu Jong Suk sama Eun Woo saja.

Kim Rae Won

Kim Rae Won Decibel
Kim Rae Won (Instagram/mindmark.movie)

Memerankan karakter Kang Do Young, mantan komandan Angkatan Laut yang menjadi tokoh utama dalam film ini. Aku belum pernah menonton dramanya Kim Rae Won, ya, jadi kurang tahu dia itu seperti apa. Salah satu drama yang diperankan ahjussi berusia 41 tahun ini adalah L.U.C.A: The Beginning, yang dramanya populer di tahun 2021.

Lee Jong Suk

Lee Jong Suk Decibel
Lee Jong Suk (Instagram/mindmark.movie)

Berperan sebagai Jeon Tae Sung, salah satu kapten Angkatan Laut di tim Do Young sekaligus villain di film ini. Kalian boleh percaya atau tidak, tapi sejak aku memutuskan menjadi penggemar apa pun yang berbau Korea di tahun 2013, belum pernah sekali pun aku menonton dramanya Lee Jong Suk. Parah, ya?

Siapa, sih, yang tidak kenal Lee Jong Suk? Salah satu aktor Korea Selatan dengan bayaran tertinggi dan sudah membintangi banyak drama populer. Tapi, aku belum pernah menonton dramanya dia! Aku itu orangnya picky kalau masalah film dan drama.

Kalau aku merasa kurang sreg, ya di skip. Kalian boleh, lho, merekomendasikan dramanya Lee Jong Suk yang bagus. Kalau aku sreg, pasti akan aku tonton.

Cha Eun Woo

Cha Eun Woo Decibel
Cha Eun Woo (Instagram/mindmark.movie)

Berperan sebagai Jeon Tae Ryoung, anggota Angkatan Laut di bagian sonar. Di film ini, Eun Woo adalah maknae dalam tim Angkatan Laut Do Young. Terdengar familiar dengan marganya?

Tepat sekali! Tidak hanya berperan sebagai anggota termuda Angkatan Laut, Eun Woo juga berperan sebagai adiknya Jong Suk. Sama-sama punya visual pengalih dunia, jadi cocok-cocok saja jadi kakak-adik. Kalian tahu? Mereka punya julukan visual brothers karena pesona yang tidak tertandingi.

Aku mulai suka sama Eun Woo itu dari drama True Beauty. Dibandingkan My ID is Gangnam Beauty, akting Eun Woo di drama ini lebih ada peningkatan dan lebih bisa membawa karakternya keluar ke dunia nyata. Nah, drama Island yang bakal rilis akhir tahun nanti sudah masuk watch list aku.

Jung Sang Hoon

Pemeran Decibel
Jung Sang Hoon (Instagram/mindmark.movie)

Berperan sebagai Oh Dae Oh, seorang reporter yang tanpa sengaja ikut Do Young dalam menuntaskan teror bom di Korea Selatan. Karakter Oh Dae Oh ini yang membuat ketegangan penonton sedikit mengendur.

Lee Min Ki

Lee Min Ki Decibel
Lee Min Ki (Instagram/mindmark.movie)

Berperan sebagai kapten Hwang, salah satu kapten di bawah pimpinan Do Young. Kapten yang setia dan akan melakukan apa pun yang diperintahkan oleh Do Young. Nama Lee Min Ki ini agak tidak asing di telinga aku. Sebentar, aku cek dulu di Google.

Lagi, aku belum pernah menonton drama atau pun filmnya Lee Min Ki. Tapi setelah aku cek di Google, ada beberapa drama dan film Lee Min Ki yang pasti tidak asing di telinga kalian, sebut saja Because This Is My First Life, The Beauty Inside, What's Wrong With Secretary Kim, dan Haeundae: The Deadly Tsunami.

Park Byung Eun

Pemeran film Decibel
Park Byung Eun (Instagram/mindmark.movie)

Berperan sebagai agen Cha Young Han, anggota komando dukungan keamanan pertahanan. Dia adalah salah satu orang yang tahu kebenaran dibalik insiden tenggelamnya kapal selam Do Young. 

Lee Sang Hee

Pemain Decibel
Lee Sang Hee (Instagram/mindmark.movie)

Berperan sebagai Jang Yoo Jung, istri Kang Do Young yang berprofesi sebagai penjinak bom. Keren, ya! Suaminya mantan komandan Angkatan Laut, istrinya penjinak bom. Tapi, kasihan anaknya karena bisa jadi target musuh kedua orangtuanya.

Dibalik Judul Decibel

Decibel Korean movie
Poster film Decibel (Instagram/mindmark.movie)

Kalian tahu apa itu decibel? Pernah bertanya-tanya kenapa judulnya decibel? Dilansir dari Wikipedia, decibel adalah satuan untuk mengukur intensitas suara.

Fokus dari film ini adalah adanya teror bom yang bisa meledak tergantung suara. Semakin tinggi intensitas suara di sekitar, maka timer dari bom tersebut akan berkurang. Itulah kenapa film ini diberi judul Decibel.

Alur Film Terlalu Cepat

Cuplikan film decibel
Cuplikan film Decibel (Instagram/mindmark.movie)

Alur yang digunakan adalah alur mundur. Di awal film, kita akan dibawa flashback ke situasi saat Kang Do Young dan timnya sedang bertugas di dasar laut. Setelah flashback, adegan berpindah ke masa satu tahun setelahnya. Di masa ini, Do Young mendapat panggilan teror.

Kenapa aku bilang cepat? Karena penonton hanya diajak untuk menjinakkan bom dalam satu hari. Iya, beda sama film yang lain, yang ada pergantian waktu dari siang ke malam atau sebaliknya. Di Decibel, kalian tidak akan menemukan itu.

Ibaratnya kalian baca cerpen genre action-drama yang bisa selesai dalam beberapa jam. Sesingkat itu waktunya. Karena alur film ini terlalu cepat, hanya ada satu soundtrack yang menghiasi film ini. Love Sailing yang dinyanyikan oleh Cha Eun Woo, itu pun bisa kalian dengar di akhir film. Jujur, aku baru kali ini menonton film yang hanya punya satu soundtrack.

Film Aksi yang Menguras Emosi

Decibel movie
Cuplikan film Decibel (Instagram/mindmark.movie)

Semua orang tidak akan menyangka kalau film ini bisa membuat air mata kita menetes, dan selalu di bagian Eun Woo. Film ini membuat emosi kita campur aduk. Saat suasana mulai tegang, tiba-tiba disisipkan adegan komedi yang membuat ketegangan kita mengendur.

Lelah tertawa karena adegan komedi, air mata kita akan menetes karena adegan selanjutnya. Beruntungnya aku bawa selembar tisu yang fungsinya tadi buat seka keringat. Bahkan, ibu-ibu yang duduk di belakang aku sampai nangis sesegukan.

Jeon Tae Sung, Sosok Villain yang Didasari Perasaan Kecewa

Lee Jong Suk
Lee Jong Suk (Instagram/mindmark.movie)

Ternyata benar, orang jahat itu adalah orang baik yang tersakiti. Tae Sung ini kapten Angkatan Laut yang sangat setia sama komandannya. Namun setelah Kang Do Young membuat satu peraturan yang sebenarnya bisa diubah jika Do Young tidak egois, ada rasa kecewa yang sangat besar bergumul di hati Tae Sung.

Karena peraturan yang dibuat Do Young, dia tidak bisa menukar keselamatannya dengan sang adik. Ini adalah satu pelajaran hidup yang sudah jarang aku temui di dunia nyata, di mana salah satu saudara kandung rela berkorban untuk melindungi anggota keluarga yang lain.

Ibarat apa pun keputusan yang Do Young buat  tidak bisa diganggu gugat, Tae Ryoung pun mencegah sang kakak untuk menukar hidupnya. Mungkin mengingat kondisi Tae Ryoung yang sudah sakit, jadi dia ikhlas kalau memang harus mati.

Coba bayangkan, sekitar 40 lebih anggota Angkatan Laut tenggelam setelah kapal selam mereka mengalami insiden dan hanya tersisa oksigen sebanyak 19 persen? Bantuan pun baru bisa datang minimal 15 hari, sedangkan kondisi mereka sudah tidak baik-baik saja.

Akting Eun Woo Meningkat, Akting Jong Suk Tak Perlu Diragukan

Jong Suk dan Eun Woo
Jeon Brother (Instagram/mindmark.movie)

Sebagai debut perdana, Eun Woo termasuk berhasil dan akting dia meningkat drastis. Karena dialah penonton dibikin sesegukan. Aku menulis review ini saja masih bisa membayangkan adegan itu.

Perbandingan akting emosional dia di True Beauty sama Decibel itu benar-benar beda. Aura sedihnya berhasil masuk ke hati penonton, beda sama True Beauty.

Di dalam film Decibel, aku menemukan dua adegan yang membuat aku mengatakan, "Pantas saja Lee Jong Suk jadi salah satu aktor dengan bayaran termahal, aktingnya seperti ini." Kalau kalian sudah menonton film ini, pasti kalian tahu adegan mana yang aku maksud.

Satu kalimat ini akan membuat kalian berpikir kalau Lee Jong Suk benar-benar psikopat. "Silakan duduk, pintu keluarnya sudah dipasang peledak." Ini kalimat yang diucapkan Jong Suk dengan tatapan mata kosong seakan tidak peduli dengan orang-orang yang lari ke sana-sini karena beberapa menit lalu ada bom meledak di sekitar mereka. Ditambah, Lee Jong Suk mengucapkan kalimat itu dengan suara lembut.

Chemistry Jong Suk-Eun Woo Tidak Secocok Visual Mereka

Jeon brother decibel
Visual Brother (Instagram/dongminpage)

Jong Suk dan Eun Woo diceritakan sebagai kakak-adik yang berada dalam satu tim Angkatan Laut. Entah kenapa, aku tidak merasakan aura persaudaraan di antara mereka berdua. Di tengah film, aku sempat berpikir kalau seandainya peran Jeon Tae Sung dimainkan sama Lee Seung Gi, chemistry-nya mungkin akan lebih terasa.

Lho, kenapa Lee Seung Gi?

Kalian coba tonton Jibsabu Ilchae atau Master in the House dari episode 116-170-an, di sana ada banyak broship moment antara Seung Gi sama Eun Woo. Apalagi, Seung Gi juga sudah pernah jadi psikopat, 'kan di drama Mouse, karakternya tidak terlalu berbeda jauh sama Jeon Tae Sung.

Di sini bukan berarti aku menganggap akting Jong Suk jelek atau lainnya, ya. Big No! Akting Jong Suk luar biasa bagus. Tapi, aku hanya merasa kurang mendapatkan chemistry Jong Suk sama Eun Woo sebagai kakak-adik. Chemistry mereka itu seperti rekan kerja yang sudah dianggap keluarga sendiri.

Takeaway

Para pemain Decibel
Bts press conference (Instagram/mindmark.movie)

Film Decibel ini aku beri rating 9/10. Mungkin kalau waktunya tidak berfokus dalam satu hari itu dan chemistry Jong Suk-Eun Woo lebih terasa, aku bisa beri rating 10/10. Selebihnya, film ini bagus.

Cocok untuk kalian yang tidak suka film action tapi mau coba menontonnya, karena tidak terlalu berat dan tidak terlalu memanaskan otak juga. Minimal usianya 13 tahun, jadi bisa ditonton sama adik kalian atau ponakan atau siapa pun.

Itu saja review dari aku, sampai ketemu nanti di review drama Island hahaha. Tapi, kalau aku menemukan drama yang bagus dalam waktu dekat ini, kita akan bertemu lagi, kok. Beberapa bulan ini memang sudah jarang menonton drama, lagi re-watch Master in the House dan sibuk memulai karier sebagai Content Writer.

Doakan saja yang terbaik. Semoga kita semua bisa menjadi apa yang kita inginkan dan selalu berusaha untuk berpikir positif. See you, bye-bye ๐Ÿงก

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Star and I, Penutup Trilogi New York Ilana Tan

Judul: The Star and I Penulis: Ilana Tan Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Editor: Heith Rusli Sampul: Kitty Felicia Ramadhani Jumlah Halaman: 344 halaman Panjang Buku: 20 cm ISBN: 978-602-06-4966-5 E-ISBN: 986-02-4967-2 Tahun Terbit: 20 Januari 2021 (Foto: Gramedia.com) Blurb: Sejak kecil, Olivia Mitchell ingin tahu siapa orangtua kandungnya. Jadi, ketika ia mendapat kesempatan bekerja di New York, ia pun menyambarnya tanpa ragu. Namun, mencari seseorang tanpa nama di kota sebesar New York adalah sesuatu yang mustahil. Kini kontrak kerja Olivia akan segera berakhir, dan Olivia menolak pulang ke Inggris sebelum melacak keberadaan orangtua kandungnya. Itu berarti ia harus segera mencari pekerjaan baru supaya ia bisa tetap tinggal di New York. Seolah semua itu belum cukup memusingkan, Olivia mendadak bertemu kembali dengan Rex Rankin—sahabat masa kecilnya, sekaligus cinta pertamanya yang gagal—yang muncul untuk menawarkan bantuan. Profil Penulis Nama Ilana Tan mulai terkenal karena novel

4 Webtoon Bertema Makanan yang Bikin Kamu 'Ngiler'

Bicara tentang Webtoon , tema yang paling populer adalah percintaan, drama, dan fantasi. Entah mengapa, tema percintaan selalu jadi nomor satu. Kalian tahu tidak apa efeknya baca Webtoon tema percintaan? Ini bisa meningkatkan hormon ke- halu -an kalian dan bisa memperparah imajinasi kalian, lho! Webtoon memang jadi pilihan terbaik untuk memperbaiki mood dan paling afdol jika dibarengi dengan camilan favorit. Di pembahasan kali ini, aku mau merekomendasikan Webtoon yang akan membuat cacing-cacing dalam perut kalian berdemo. Ini rekomendasi pure dari aku pribadi, bukan nyomot artikel orang lain. Jajan Squad Webtoon.com Author: Dito Satrio Season: 1 Jumlah episode: 186 episode Genre: Slice of life Status: Tamat Indonesia terkenal dengan budayanya yang beragam, termasuk makanan. Mulai dari jajanan tradisional hingga makanan berat, Indonesia punya buanyak banget pilihan. Sebut saja kue cucur, kue putu, gudeg, rawon, dan lain sebagainya. Bahkan, setiap kota punya jenis soto masing-masi