Langsung ke konten utama

Review Drama Korea A Business Proposal: Cinta Berawal dari Lembaran Kontrak

Judul: A Business Proposal
Judul Korea: 사내맞건
Genre: Comedy, romance, drama
Director: Park Seon Ho
Screenwriter: Han Sul Hee, Hong Bo Hee
Episodes: 12
Original Network: Netflix SBS
Content Rating: 15+

Review drama korea A Business Proposal

Beberapa waktu lalu aku sempat bingung mau menonton drama apa. Antara A Business Proposal atau Juvenille Justice. Tadinya mau menonton drama Mouse, tapi belum siap lihat adegan-adegan berdarahnya haha 🤣

Nah, teman-teman aku menyarankan untuk menonton drama A Business Proposal. Kebetulan emang drama ini lagi viral banget, kan. Di instagram aku selalu muncul cuplikan dari drama ini. Akhirnya, aku memutuskan untuk menonton drama Korea terpopuler tahun 2022.

Karena episodenya sedikit dan ini kali pertama aku menonton drama Korea romance dengan jumlah episode di bawah 15, jadi hanya butuh waktu tiga hari aja buat aku menyelesaikan drama ini. Banyak penonton yang merasa kecewa sama ending-nya, tapi nggak sedikit juga yang sampai sekarang masih belum bisa move on. Penasaran gimana pendapat aku tentang drama ini? Keep scrolling, ya!

Sinopsis

(Poster drama A Business Proposal/Pinterest.com)

Jin Young Seo meminta Shin Ha Ri untuk menggantikan posisinya menghadiri kencan buta. Awalnya Ha Ri menolak, namun akhirnya setuju setelah Young Seo akan membayarnya. Dibantu sahabatnya itu, Ha Ri mengubah penampilannya sebelum menghadiri acara kencan buta.

Nahasnya, teman kencan Ha Ri adalah Kang Tae Mu, presdir di perusahaan tempat dia bekerja. Ha Ri mengira penyamarannya telah selesai, tapi nyatanya penyamaran itu berlanjut hingga ke kontrak kerja antara dirinya dengan Kang Tae Mu.

Pemeran Utama



Jujur, aku belum pernah menonton drama yang diperankan oleh empat pemeran utama dalam drama ini. Aku tahu Se Jeong karena dia ikut program survival Produce 101 dan berhasil debut juga. Jadi, drama ini sekalian first impression aku tentang akting para pemerannya.

Kenapa aku bilang pemeran utamanya empat orang dan bukannya dua? Karena emang menurut aku pemeran utama dalam drama ini, ya, empat orang. Dua pemeran utama pertama dan dua pemeran utama kedua. Aku bukan kritikus film atau pakar film, ya. Ini hanya berdasarkan pengamatan aku aja.

Teman-teman pasti nggak asing dengan istilah second lead syndrome, dong? Ketika pemeran utama kedua lebih menggoda dibandingkan pemeran utama pertama? Nah, aku membedakan pemeran utama dari istilah ini.

Aduh, kebanyakan basa-basi, ya? Yaudah, kita langsung aja kenalan sama pemeran utama A Business Proposal.

Ahn Hyo Seop sebagai Kang Tae Mu

(Kang Tae Mu/Pinterest.com)

Kang Tae Mu merupakan cucu dari pemilik perusahaan terbaik di Korea. Setelah lulus dari Universitas Harvard dan sempat memegang perusahaan di New York, Tae Mu kembali ke Korea dan menjadi presdir baru di perusahaan Go Food, salah satu cabang perusahaan milik kakeknya.

Waktu searching tentang Ahn Hyo Seop, aku sempat kaget karena di Google tertera kalau dia merupakan aktor Kanada, bukan Korea. Setelah ditelusuri, Hyo Seop memang berkewarganegaraan Kanada karena sempat tinggal di Toronto dari umur 10 tahun. Pantas aja bahasa Inggrisnya terdengar cukup fasih.

Kim Se Jeong sebagai Shin Ha Ri/Shin Geum Hui

(Shin Ha Ri/Shin Geum Hui/Pinterest.com)

Bekerja sebagai peneliti Tim Pengembangan Makanan di Go Food, Ha Ri terpaksa menyamar untuk membantu sahabatnya merusak acara kencan buta yang telah diatur oleh ayah sang sahabat. Selain karena persahabatan, Ha Ri juga melakukannya demi uang untuk membayar sewa restoran sekaligus tempat tinggal keluarganya.

Ada satu drama yang aku tahu pernah dimainkan oleh Kim Se Jeong, judulnya School 2017. Drama ini termasuk ke dalam School Series, ya. Mirip drama Reply Series kalau teman-teman pernah menonton drama Reply 1998.

Selain itu, Se Jeong juga merupakan member Gugudan. Sayangnya, grup ini bubar di tahun 2020. Tapi suara Se Jeong emang bagus, sih.

Seol In Ah sebagai Jin Young Seo

(Jin Young Seo/Pinterest.com)

Anak tunggal dari Marine Group yang merasa hidupnya terkekang karena selalu dipaksa mengikuti acara kencan buta oleh ayahnya. Young Seo merupakan sahabat baik Ha Ri, mereka berteman sejak duduk di bangku SMA. Keluarga Ha Ri pun udah menganggap Young Seo sebagai putri kedua mereka.

Seol In Ah juga muncul di drama School 2017. Se Jeong dan In Ah dipertemukan kembali sebagai sepasang sahabat dalam drama ini setelah sebelumnya jadi musuh bebuyutan. In Ah juga pernah menjalani pelatihan sebagai seorang idol, lho!

Kim Min Gue sebagai Cha Seong Hoon

(Cha Seong Hoon/Pinterest.com)

Sekretaris pribadi sekaligus menjadi kaki tangan Tae Mu. Saat kecil, dia hidup di panti asuhan yang disponsori oleh Go Food Group. Dibesarkan oleh kakek Tae Mu membuat Seong Hoon tumbuh menjadi saudara untuk Tae Mu. Mereka berdua tumbuh bersama layaknya kakak beradik.

Aku yakin, pasti teman-teman yang udah menonton drama A Business Proposal akan memasukkan aktor ini ke dalam daftar pacar halu kalian hahaha. Emang nggak bisa dipungkiri, ya, kalau Min Gue ini ganteng banget! Oh iya, teman-teman sadar nggak, nih, kalau Min Gue pernah jadi cameo di drama Nevertheless?

Sejujurnya, aku lebih suka menyebut dia Min Kyu. Jadi, mulai dari sini aku akan panggil dia Min Kyu, sesuai ejaan hangul-nya.

Setelah menjelaskan sinopsis dan pemeran utamanya, sekarang waktunya review!!! Teman-teman, review ini berdasarkan pendapat aku pribadi, ya. Jadi, kalau semisal pendapat kita berbeda, aku minta maaf. Karena pendapat orang memang beda-beda. Yuk, langsung review!

Cerita yang Cukup Menghibur

(Foto: Pinterest.com)

Di awal drama, kita udah tahu kalau penyamaran Shin Ha Ri pasti akan berbuntut panjang, karena memang ini temanya. Berawal dari kencan buta, berubah jadi kontrak kerja, dan berakhir menjadi jalinan asmara yang sesungguhnya.

Meskipun jumlah episodenya hanya 12, alur ceritanya pas. Nggak terlalu cepat dan nggak terlalu lambat juga. Konflik yang dihadirkan juga ringan, nggak bertele-tele dalam penyelesaian konflik. Drama ringan yang cocok dinikmati sebagai selingan saat pekerjaan menumpuk atau pikiran sedang stres.

Pengembangan Karakter yang Kuat namun Mirip

(Behind the scene/Pinterest.com)

Ada alasan kenapa aku bilang mirip, meski nggak semua karakternya, ya. Mari, aku jelaskan pengembangan dari tiap karakter utama.

Kang Tae Mu

(Kang Tae Mu/Pinterest.com)

Tentunya, teman-teman udah sering menonton drama Korea dengan pemeran utama seorang CEO berkepribadian cool tapi setia pada satu perempuan, dong? Kang Tae Mu diceritakan seperti itu. Tapi, dia juga diceritakan memiliki sebuah fobia akibat trauma masa lalu yang jarang aku temukan dalam karakter CEO drama lain.

Setelah aku perhatikan, karakter Tae Mu ini hampir mirip dengan karakter Han Seo Jun dalam drama True Beauty. Dari segi aura hingga karakteristik wajah, mereka hampir mirip. Aku sempat membayangkan kalau Seo Jun jadi pengusaha di masa depan, akan terlihat seperti Tae Mu. Perbedaannya hanya profesi aja. Tae Mu seorang pengusaha sedangkan Seo Jun seorang siswa.

Shin Ha Ri

(Shin Ha Ri/Pinterest.com)

Cinta antara bos dan karyawan udah bukan hal yang baru dalam drama Korea. Yang aku suka adalah karakter Ha Ri memiliki pekerjaan yang jarang dimiliki pemeran utama perempuan lain, yaitu jadi peneliti makanan. Bisa jadi referensi untuk teman-teman yang mengambil jurusan kuliner dalam memilih pekerjaan nanti.

Selain itu, karakter Ha Ri juga digambarkan memiliki keyakinan yang kuat akan pilihannya. Karakter perempuan utama seperti ini jarang banget aku temukan dalam drama lain.

Cha Seong Hoon

(Cha Seong Hoon/Pinterest.com)

Ada yang setuju nggak kalau wajah Seong Hoon mirip sama Jeno NCT? Kalau mereka main drama bareng, udah cocok jadi kakak adik. Wajah mereka mirip banget!

Untuk karakter Seong Hoon sendiri nggak banyak yang bisa aku jelaskan, ya. Karena posisinya sebagai sekretaris dan kaki tangan Tae Mu sama seperti karakter sekretaris lainnya. Seorang laki-laki dengan pembawaan yang sopan, lembut, hangat, tapi suaranya yang dalam terdengar begitu seksi.

Jin Young Seo

(Jin Young Seo/Pinterest.com)

Baru lihat posternya aja, aku sempat mengira kalau karakter ini diperankan oleh kakaknya Ju Kyung. Sumpah, karakter mereka berdua mirip banget! Sama seperti Tae Mu dan Seo Jun.

Rambut sama-sama pendek, struktur wajah yang mirip, sampai sifat mereka yang agresif juga sama! Ini yang aku bilang pengembangan karakter yang kuat namun mirip. Tapi, aku nggak bermaksud mengatakan yang aneh-aneh, ya.

Banyak juga karakter mirip dari drama satu dengan yang lainnya. Hanya saja karakter Young Seo dan Tae Mu mengingatkan aku akan karakter kakaknya Ju Kyung dan Seo Jun di drama True Beauty.

Aku baru baca webtoon-nya sampai episode 13, sih, masih awal-awal banget. Jadi, belum terlihat jelas gimana karakter pemeran utama yang sesungguhnya.

Akting Pemain yang Mengejutkan

(Foto: Pinterest.com)

Bagus banget! Iya, akting semua pemerannya bagus banget. Apalagi yang jadi sepupunya Young Seo, ibaratnya anak JakSel versi Korea wkwkwk. Karakternya berlebihan tapi penyampaiannya nggak berlebihan, pas gitu. Meski banyak yang nggak suka sama akting Hyo Seop, tapi buat aku udah pas aktingnya.

Jujur, aku nggak kecewa sama akting para pemeran drama ini, terutama pemeran utamanya. Meski baru kali ini menonton akting mereka, tapi akting mereka berempat nggak kaku sama sekali. Luwes banget, seakan emang udah akrab sebelum pembacaan naskah drama A Business Proposal.

(Foto: Pinterest.com)

Chemistry Tae Mu-Ha Ri dan Seong Hoon-Young Seo masuk banget! Bisa membuat penonton ikut terbawa suasana dengan setiap adegan yang ditampilkan. Apalagi aktingnya Se Jeong waktu menggantikan posisi Young Seo dalam kencan buta, jadi momen paling epic sepanjang drama Korea tahun 2022. Membuat penonton merasa karakter Ha Ri/Geum Hui nggak beda jauh sama karakter Se Jeong di dunia nyata.

Aku juga suka sama karakter Young Seo sebagai perempuan agresif. Kalau suka langsung bilang, kalau mau langsung dikejar. Salah satu ciri sosok perempuan mandiri, yang semua bisa dikerjakan sendiri. Bahkan, dia nggak segan-segan mengundurkan diri dari perusahaan ayahnya demi orang tercinta.

Dan ternyata Young Seo maupun In Ah memiliki karakter yang mirip satu sama lain, sama-sama agresif wkwkwk. Aku sempat menonton The Swoon yang para pemain A Business Proposal main Jenga. Terlihat jelas kalau In Ah dan Young Seo itu punya sifat yang mirip.

Ending yang Pas?

(Happy Ending/Pinterest.com)

Nah, banyak yang bilang kalau ending drama ini kurang greget karena kesannya menggantung. Tapi buat aku pribadi, ending-nya udah pas. Kenapa? Balik lagi, drama ini hanya memiliki 12 episode aja. Kalau dipaksakan dengan ending Tae Mu-Ha Ri dan Seong Hoon-Young Seo menikah, alurnya akan terlalu cepat.

Versi webtoon-nya sendiri berjumlah lebih dari seratus episode, masih ditambah extra part. Sedangkan di episode 13 aja baru memasuki tahap kerja sama antara Tae Mu dan Ha Ri, kesannya pasti di buru-buru.

Setidaknya, penonton tahu bahwa empat pemeran utamanya mendapatkan happy ending. Daripada penonton nggak dikasih tahu sama sekali bagaimana kehidupan empat pemeran utamanya, semakin gantung dong.

Best Moments

(Foto: Pinterest.com)

Semua pasti setuju kalau salah satu best moment drama ini adalah saat Tae Mu dan Ha Ri/Geum Hui kencan. Sayangnya, aku nggak akan memasukkan adegan itu dalam best moments versi aku.

Karakter Tae Mu terlalu sulit untuk digapai di dunia nyata T_T.... Siapa, sih, yang nggak mau punya pasangan seperti Tae Mu? Cukup berikan waktu untuknya dan Tae Mu yang akan mengeluarkan uang untuk kencan kalian.

Sayangnya, hanya segelintir laki-laki yang seperti Tae Mu di dunia ini. Itu pun agak sulit bisa memikat hati CEO muda, mapan, nan tampan karena dunia kita udah berbeda.

Jadi, apa best moments versi aku?

Pertama, adegan ketika fobia Tae Mu kambuh. Dari karakter Tae Mu, kita bisa belajar bahwa fobia yang diakibatkan karena trauma masa lalu bisa mengubah sifat orang 180° detik itu juga.

Benar-benar berubah drastis. Dari yang tadinya perhatian dan lembut, bisa berubah jadi orang berhati dingin ketika fobianya kambuh. Menurut aku, fobia itu harus dihadapi dan ditaklukan. Kalau nggak, fobia bisa menyerang kesehatan mental.

(Foto: Pinterest.com)

Kedua, adegan sepupunya Young Seo. Cara bicara sepupunya Young Seo yang dicampur bahasa Inggris dan Korea relate banget sama anak gaul zaman sekarang, dan adegan ini benar-benar menghibur. Nggak heran kalau sepupunya Young Seo masuk ke dalam daftar karakter terlucu di drama A Business Proposal. 


Ketiga, adegan kakek Tae Mu tidak menyetujui hubungan Ha Ri dengan cucunya. Di sini, Ha Ri membuktikan bahwa seharusnya sebagai orang yang berpengaruh tidak semestinya menggunakan privilege mereka untuk menghakimi orang yang statusnya di bawah.

Kakek Tae Mu memaksa Ha Ri untuk mengundurkan diri karena telah menjalin hubungan dengan cucunya. Tapi, Ha Ri mengeluarkan bukti-bukti kuat bahwa dia tidak bisa dipecat begitu aja hanya karena masalah pribadi. Terlebih, Ha Ri merupakan aset berharga perusahaan.

Bisa jadi pelajaran, nih, teman-teman. Ketika kalian diperlakukan nggak adil, kalian harus berani speak up dengan menunjukkan fakta-fakta yang ada. Jangan sampai dirugikan hanya karena privilege semata.

Ada soundtrack favorit?

Sayangnya, nggak ada. Lagu-lagu yang jadi soundtrack untuk drama ini kurang menarik perhatian aku. Bukan berarti soundtrack-nya nggak bagus, ya. Emang aku aja yang picky.

Hanya Love, Maybe aja yang lagunya cukup enak di telinga aku. Mungkin karena efek dari instagram reels juga kali, ya. Aku sering dengar lagu ini sliweran di instagram.

Kesimpulan (4.7/5.0)

(Foto: Pinterest.com)

Nggak salah kenapa A Business Proposal jadi drama Korea dengan rating tertinggi di awal tahun 2022, karena ceritanya emang menarik meski klise. Akting pemainnya juga nggak ada yang kaku, semua mendalami karakter masing-masing dengan baik.

Buat aku, konfliknya agak kurang greget. Perselisihan antara Min Woo dan Tae Mu yang merebutkan Ha Ri juga minim, bahkan lebih mirip selingan. Padahal, peran Min Woo termasuk penting karena dia merupakan cinta pertama Ha Ri.

Selain itu, aku merasa rating usianya agak kurang sesuai, ya. Mungkin awalnya emang untuk usia 15+, tapi setelah menonton sepertinya lebih cocok untuk usia 17+. Ada dua hot kiss scene antar pemainnya. Agak gimana gitu kalau diberikan rating usia 15+.

Untuk sumber rating usia sendiri aku mengutip dari website My Drama List, ya. Karena emang di sana info yang diberikan lumayan lengkap. 

Drama ini juga menyuguhkan kecanggihan teknologi. Sesuai dengan kondisi dunia kita yang teknologinya semakin maju. Visualnya juga bagus. Penggabungan antara efek animasi dan dunia nyata terlihat begitu smooth, membuat nyaman penontonnya.

Nah, itulah review singkat aku mengenai drama A Business Proposal. Untuk teman-teman yang mau baca webtoon-nya, bisa baca di sini. Cerita di webtoon-nya sendiri udah tamat. Aku nggak tahu apakah akan masuk ke aplikasi Line Webtoon atau nggak.

Seperti yang kita tahu, drama ini memang berdasarkan webtoon berjudul The Office Blind Date. Nah, aku baca webtoon-nya di aplikasi Kakao Page. Jadi, emang belum tersedia di aplikasi Line Webtoon.

Bonus Quotes


(Quote by Cha Seong Hoon)

(Quote by Jin Young Seo)

(Quote by Kang Tae Mu)

(Quote by Shin Ha Ri)

Foto quotes di atas merupakan hasil edit pribadi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Star and I, Penutup Trilogi New York Ilana Tan

Judul: The Star and I Penulis: Ilana Tan Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Editor: Heith Rusli Sampul: Kitty Felicia Ramadhani Jumlah Halaman: 344 halaman Panjang Buku: 20 cm ISBN: 978-602-06-4966-5 E-ISBN: 986-02-4967-2 Tahun Terbit: 20 Januari 2021 (Foto: Gramedia.com) Blurb: Sejak kecil, Olivia Mitchell ingin tahu siapa orangtua kandungnya. Jadi, ketika ia mendapat kesempatan bekerja di New York, ia pun menyambarnya tanpa ragu. Namun, mencari seseorang tanpa nama di kota sebesar New York adalah sesuatu yang mustahil. Kini kontrak kerja Olivia akan segera berakhir, dan Olivia menolak pulang ke Inggris sebelum melacak keberadaan orangtua kandungnya. Itu berarti ia harus segera mencari pekerjaan baru supaya ia bisa tetap tinggal di New York. Seolah semua itu belum cukup memusingkan, Olivia mendadak bertemu kembali dengan Rex Rankin—sahabat masa kecilnya, sekaligus cinta pertamanya yang gagal—yang muncul untuk menawarkan bantuan. Profil Penulis Nama Ilana Tan mulai terkenal karena novel

4 Webtoon Bertema Makanan yang Bikin Kamu 'Ngiler'

Bicara tentang Webtoon , tema yang paling populer adalah percintaan, drama, dan fantasi. Entah mengapa, tema percintaan selalu jadi nomor satu. Kalian tahu tidak apa efeknya baca Webtoon tema percintaan? Ini bisa meningkatkan hormon ke- halu -an kalian dan bisa memperparah imajinasi kalian, lho! Webtoon memang jadi pilihan terbaik untuk memperbaiki mood dan paling afdol jika dibarengi dengan camilan favorit. Di pembahasan kali ini, aku mau merekomendasikan Webtoon yang akan membuat cacing-cacing dalam perut kalian berdemo. Ini rekomendasi pure dari aku pribadi, bukan nyomot artikel orang lain. Jajan Squad Webtoon.com Author: Dito Satrio Season: 1 Jumlah episode: 186 episode Genre: Slice of life Status: Tamat Indonesia terkenal dengan budayanya yang beragam, termasuk makanan. Mulai dari jajanan tradisional hingga makanan berat, Indonesia punya buanyak banget pilihan. Sebut saja kue cucur, kue putu, gudeg, rawon, dan lain sebagainya. Bahkan, setiap kota punya jenis soto masing-masi

Decibel, Debut Perdana Cha Eun Woo di Industri Perfilman Korea

Poster film Decibel (Instagram/mindmark.movie) Sebelumnya aku mau warning dulu kalau isi artikel ini mengandung sedikit spoiler karena aku masih belum bisa menulis review tanpa memberikan spoiler . Jadi, kalau kalian ingin mencari review film Decibel tanpa terganggu spoiler , silakan skip artikel ini ^^ Aku bukan penikmat film action sebenarnya. Tapi, karena ini debut perdana Cha Eun Woo di industri perfilman Korea, aku memutuskan untuk menontonnya. Oh, dan untuk pembelian combo deals di Cinepolis, kalian akan dapat 6 pcs photocard Lee Jong Suk dan Cha Eun Woo. Berhubung aku hanya penggemar biasa, jadi aku skip photocard -nya. Selain Decibel , aku juga lagi menunggu drama Eun Woo berjudul Island yang akan tayang akhir Desember ini di Prime Video . Berhubung harus berlangganan, aku memutuskan untuk nabung episode dulu sampai dramanya selesai baru berlangganan wkwkwk. Maklum, gaji freelance content writer belum mencapai angka UMR xd. Yuk, kita lanjut ke review film Decibel! S