Langsung ke konten utama

Review Novel The Lost Hero (The Hero of Olympus #1): Munculnya Tiga Demigod Baru

Judul: The Hero of Olympus #1: The Lost Hero

Penulis: Rick Riordan

Penerbit Asli: Disney Hyperion Books

Penerbit: Mizan Publika (Mizan Fantasi)

Penerjemah: Reni Indardini

Penyunting: Tendy Yulianes

Penyelaras Aksara: Ananta A.

Penata Aksara: Elcreative

Desain Cover: Alta Rivan

ISBN: 978-602-385-731-9

Tahun Terbit: 2010

Jumlah Halaman: 586 halaman


Blurb:

“Tujuh Demigod akan menjawab panggilan, karena badai atau api dunia akan terjungkal.”


Tiga Demigod baru bergabung di Perkemahan Blasteran. Jason yang tidak bisa mengingat jati dirinya. Piper yang penuh misteri, dan Leo dengan kemampuan mekaniknya yang luar biasa.

Bersama-sama, ketiganya mengemban sebuah misi penyelamatan.

Misi yang juga akan mengungkap sebuah rahasia besar mereka pada masa lalu.

Bergabunglah dengan para Demigod dari Perkemahan Blasteran dan nikmati petualangan serunya!


Setelah di seri sebelumnya, yaitu Percy Jackson & The Olympian, kita diajak untuk mempelajari tentang Mitologi Yunani. Lalu di seri selanjutnya, yaitu The Hero of Olympus, kita akan diajak lebih jauh mengenal Mitologi Romawi. Kali ini, aku akan memberikan review tentang buku pertama dari seri The Hero of Olympus atau HOO, berjudul The Lost Hero.

Profil Penulis

(Uncle Rick/Foto: Instagram/rickriordan)

Rick Riordan merupakan seorang penulis novel asal Amerika. Beliau mulai terkenal dari seri Olympus pertama, yaitu Percy Jackson & The Olympians. Novel ini menceritakan tentang remaja laki-laki bernama Percy Jackson yang ternyata merupakan anak dari Poseidon, Dewa Laut.

Dua seri Percy Jackson & The Olympians ini juga udah diangkat ke layar lebar, yaitu buku pertama berjudul The Lightning Thief dan buku kedua berjudul The Sea of Monsters. Untuk kalian yang suka film genre fantasi, wajib tonton filmnya!

Rick Riordan juga dikenal sebagai penulis novel fiksi-fantasi terpopuler di Amerika karena tulisannya bisa dengan mudah menghanyutkan pembaca dalam universe-nya sendiri. Penggemar menyebutnya Riordanverse.

Cover Buku (4.0/5.0)

(Cover versi Ipusnas)

Warning sebelumnya! Aku baca novel ini dari aplikasi Ipusnas. Jadi, aku nggak tahu apakah versi digital dan versi fisik sama saja atau terdapat beberapa perbedaan.

Melihat cover-nya, buat aku biasa saja. Tapi, bukan termasuk cover yang aku anggap buruk, ya. Cover-nya menarik, hanya saja, ya, sebatas menarik. Jika biasanya aku melihat cover sebelum beli atau baca novel, kalau yang satu ini karena aku penasaran dengan kelanjutan kisah perjalanan Demigod dalam melawan musuh-musuh mereka.

Lalu semalam aku cek website resminya Mizan Store untuk lihat apakah cover versi bukunya sama atau berbeda. Dan ternyata...

(Cover re-publishing/Foto: Mizanstore.com)

Aku lebih suka sama cover yang versi re-publishing! Desainnya terlihat hidup, aura misteriusnya juga ada. Jatuhnya hampir mirip poster film, yang tersirat aura-aura yang siap bikin jantung ketar-ketir.

Terlebih, aku membayangkan sosok Festus merupakan naga bertubuh perak, bukan emas. Jadi, aku lebih suka sama cover yang versi kedua. Mungkin, rating-nya akan aku naikkan jika aku membaca yang versi cover baru ini. Tapi, ya udahlah... 'Kan tujuan aku di sini adalah memberikan cara buat kalian yang suka baca, tapi masih terbentur masalah ekonomi. Jadi, kita cari yang gratis saja hehe.

Penokohan (4.0/5.0)

(Piper, Leo, Jason/Foto: Hero.fandom.com)

Berhubung ini seri berbeda, udah pasti tiga karakter utamanya berbeda juga. The Lost Hero menceritakan petualangan tiga Demigod baru dari Perkemahan Blasteran dalam misi menyelamatkan Dewi Hera.

Mereka adalah Jason Grace, anak campuran dari Dewa Zeus. Kemudian ada Piper Cherokee yang merupakan anak campuran dari Dewi Aphrodite. Dan terakhir ada Leo Valdez, anak campuran dari Dewa Haephestus.

Cinta adalah motivator keagungan. Tindakan mereka yang paling mulia dan berani, dilakukan demi cinta—Aphrodite.

Tiga anak Demigod ini menjadi karakter utama dari seri The Hero of Olympus yang mana memiliki kemampuan unik yang diturunkan dari orang tua Dewa dan Dewi mereka.

Seperti Jason yang mampu mengendalikan petir dan udara layaknya Zeus, Piper dengan kemampuan charmspeak-nya dari Aphrodite, dan Leo yang mampu merakit berbagai macam alat dan mengendalikan api seperti Haephestus.

Terlepas dari kekuatan mereka masing-masing, sifat ketiga Demigod baru ini hampir mirip dengan tiga karakter utama sebelumnya. Perbedaannya hanya aku rasakan sedikit. Mungkin karena masih cerita awal, ya. Sedangkan seri ini ada lima buku yang sedang menunggu untuk aku selesaikan.

Kenapa aku bilang demikian? Ketika baca, sesekali sifat Jason yang kalem dan tenang ini mengingatkan aku akan Percy. Belum lagi dengan sifat pemberani Piper yang sama seperti Annabeth, dan celetukan-celetukan penuh mood Leo layaknya Grover.

Seperti di salah satu pemikiran Leo yang berbunyi:
Satu tahun mendatang, ketika misi ini dikisahkan di sekeliling api unggun, Leo menduga kalau orang-orang bakalan menceritakan Jason yang pemberani, Piper yang cantik, dan anak buah mereka, si Valdez Membara, yang menemani dengan sekantong obeng ajaib dan kadang-kadang membuatkan burger tahu. 

Percy dan Jason sama-sama pemberani, Annabeth dan Piper juga sama-sama cantik. Duh, apalagi karakter Annabeth diperankan oleh Alexandra Daddario dalam versi filmnya, cantik banget! Belum lagi dengan Grover dan Leo yang sama-sama happy virus dalam tim.

(Cantik banget! Foto: Pinterest.com) 

Di buku pertama ini belum ada pengembangan karakter yang terlihat di mata aku, ya. Mungkin di buku selanjutnya udah terlihat. Kita tunggu saja.

Alur Cerita (4.8/5.0)

Seperti yang udah aku jelaskan, novel ini akan mengajak kita mempelajari Mitologi Romawi melalui misi-misi dari Jason dan kawan-kawan.

Mungkin, kalian akan beranggapan kalau Mitologi Romawi dan Mitologi Yunani itu berbeda. Sama, aku juga beranggapan demikian, layaknya Mitologi Nordik di mana karakternya berbeda.

Tapi, Dewa dan Dewi di Mitologi Yunani dan Mitologi Romawi itu sama! Yang membedakan hanya nama dan sifat mereka saja. Seperti alter ego, maybe?

Setelah aku baca ini, Dewa dan Dewi Romawi merupakan visualisasi sifat lain dari Dewa dan Dewi Yunani. Aku ambil contohnya Zeus, ya, karena di salah satu bab diceritakan sedikit tentang ini.

Zeus dikenal memiliki sifat penuh semangat dan membara, karena dia raja dari para Dewa. Di Mitologi Romawi, nama lain Zeus adalah Jupiter. Sifatnya berbeda sekali dengan Zeus, Jupiter lebih tenang dan kalem meskipun sama-sama mendominasi.

Tapi, kecantikan artinya menemukan kecocokan yang pas, kecocokan yang natural. Untuk menjadi sempurna, kita harus merasa bahwa diri kita sempurna. Janganlah menjadi orang lain—Aphrodite.

Novel ini sukses memancing aku untuk membaca bab-bab selanjutnya sampai akhir. Meski ada waktu di mana aku memutuskan untuk berhenti sejenak sebelum mulai membaca novel ini lagi.

Ceritanya menarik, Rick Riordan berhasil menarik aku masuk ke dalam Riordanverse dan sukses membuat aku berimajinasi tentang situasi dan kondisi yang diceritakan. Perpaduan antara dunia nyata dan dunia fantasi bisa tersambung dengan apik.

Struktur Penulisan (2.5/5.0)

Ini yang membuat aku sempat berhenti baca novel The Lost Hero, karena banyaknya salah penulisan yang cukup mengganggu. Balik lagi, yang aku baca versi digital di Ipusnas, ya. Jadi, aku nggak tahu apakah di versi fisik penulisannya sama atau berbeda.

Di novel ini, aku sering menemukan kata-kata yang double, tanda baca yang kurang atau tidak semestinya, struktur penulisan yang kurang detail, sering menemukan typo juga.

Ada salah satu novel yang membuat aku benar-benar stop baca untuk waktu yang lama karena masalah struktur penulisan sebelum memutuskan untuk baca lagi. Untungnya, The Lost Hero menyuguhkan alur cerita yang menarik. Jadi, bisa aku selesaikan dalam waktu tiga hari.

Apa yang Aku Suka?

Di samping perjalanan misi para Demigod menyelamatkan Hera atau Juno, hal lain yang aku suka adalah momen ketika Leo mulai mengeluarkan celetukan-celetukan absurd tapi sukses bikin aku ketawa-ketawa sendiri.

Tanpa kehadiran Leo Valdez, mungkin novel ini akan berubah menjadi novel fantasi serius layaknya Twilight dan Vampire Academy. Aku berharap momen celetukan absurd Leo makin banyak di setiap seri selanjutnya.

Kalau mood kalian lagi hancur, berantakan, sedih, kecewa, dan lainnya. Pasti akan langsung naik setelah baca bagian-bagian Leo.

Kesimpulan (Rating Keseluruhan: 4.0/5.0)

Terlepas dari aku yang merupakan penggemar novel fantasi dan Mitologi Yunani, aku sangat merekomendasikan novel ini pada kalian yang sedang butuh bacaan fiksi-fantasi namun tetap ringan.

Halamannya memang tebal, tapi nggak akan terasa. Apalagi dengan munculnya celetukan absurd si Leo dan hal-hal yang terjadi dalam perjalan misi, akan membuat kalian terus penasaran hingga akhirnya tanpa sadar telah menyelesaikan novel setebal 586 halaman ini.

Tips dari aku, kalian harus baca dari buku pertama seri Percy Jackson & The Olympians dulu sebelum baca ini, karena seri The Hero of Olympus merupakan kelanjutan dari seri sebelumnya.

Apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang, lebih baik menunggu waktu berbuka dengan hal-hal positif daripada ghibah. Untuk kalian yang mau baca versi digitalnya, akan aku kasih link-nya di bawah.

Sebelum terlambat, aku mau mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa untuk teman-teman yang menjalankannya. Semoga puasa kita di tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin.

See you on the next books review~


Link The Lost Hero Ipusnas: http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/78860/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Star and I, Penutup Trilogi New York Ilana Tan

Judul: The Star and I Penulis: Ilana Tan Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Editor: Heith Rusli Sampul: Kitty Felicia Ramadhani Jumlah Halaman: 344 halaman Panjang Buku: 20 cm ISBN: 978-602-06-4966-5 E-ISBN: 986-02-4967-2 Tahun Terbit: 20 Januari 2021 (Foto: Gramedia.com) Blurb: Sejak kecil, Olivia Mitchell ingin tahu siapa orangtua kandungnya. Jadi, ketika ia mendapat kesempatan bekerja di New York, ia pun menyambarnya tanpa ragu. Namun, mencari seseorang tanpa nama di kota sebesar New York adalah sesuatu yang mustahil. Kini kontrak kerja Olivia akan segera berakhir, dan Olivia menolak pulang ke Inggris sebelum melacak keberadaan orangtua kandungnya. Itu berarti ia harus segera mencari pekerjaan baru supaya ia bisa tetap tinggal di New York. Seolah semua itu belum cukup memusingkan, Olivia mendadak bertemu kembali dengan Rex Rankin—sahabat masa kecilnya, sekaligus cinta pertamanya yang gagal—yang muncul untuk menawarkan bantuan. Profil Penulis Nama Ilana Tan mulai terkenal karena novel

4 Webtoon Bertema Makanan yang Bikin Kamu 'Ngiler'

Bicara tentang Webtoon , tema yang paling populer adalah percintaan, drama, dan fantasi. Entah mengapa, tema percintaan selalu jadi nomor satu. Kalian tahu tidak apa efeknya baca Webtoon tema percintaan? Ini bisa meningkatkan hormon ke- halu -an kalian dan bisa memperparah imajinasi kalian, lho! Webtoon memang jadi pilihan terbaik untuk memperbaiki mood dan paling afdol jika dibarengi dengan camilan favorit. Di pembahasan kali ini, aku mau merekomendasikan Webtoon yang akan membuat cacing-cacing dalam perut kalian berdemo. Ini rekomendasi pure dari aku pribadi, bukan nyomot artikel orang lain. Jajan Squad Webtoon.com Author: Dito Satrio Season: 1 Jumlah episode: 186 episode Genre: Slice of life Status: Tamat Indonesia terkenal dengan budayanya yang beragam, termasuk makanan. Mulai dari jajanan tradisional hingga makanan berat, Indonesia punya buanyak banget pilihan. Sebut saja kue cucur, kue putu, gudeg, rawon, dan lain sebagainya. Bahkan, setiap kota punya jenis soto masing-masi

Decibel, Debut Perdana Cha Eun Woo di Industri Perfilman Korea

Poster film Decibel (Instagram/mindmark.movie) Sebelumnya aku mau warning dulu kalau isi artikel ini mengandung sedikit spoiler karena aku masih belum bisa menulis review tanpa memberikan spoiler . Jadi, kalau kalian ingin mencari review film Decibel tanpa terganggu spoiler , silakan skip artikel ini ^^ Aku bukan penikmat film action sebenarnya. Tapi, karena ini debut perdana Cha Eun Woo di industri perfilman Korea, aku memutuskan untuk menontonnya. Oh, dan untuk pembelian combo deals di Cinepolis, kalian akan dapat 6 pcs photocard Lee Jong Suk dan Cha Eun Woo. Berhubung aku hanya penggemar biasa, jadi aku skip photocard -nya. Selain Decibel , aku juga lagi menunggu drama Eun Woo berjudul Island yang akan tayang akhir Desember ini di Prime Video . Berhubung harus berlangganan, aku memutuskan untuk nabung episode dulu sampai dramanya selesai baru berlangganan wkwkwk. Maklum, gaji freelance content writer belum mencapai angka UMR xd. Yuk, kita lanjut ke review film Decibel! S